Jan 22

Bedah SKL UN Matematika SMK 2016

Seperti tahun-tahun sebelumnya, guru-guru Matematika SMK provinsi DKI Jakarta kembali mengikuti kegiatan Bedah SKL untuk materi pelajaran UN tahun pelajaran 2015-2016. Saya sebagai Ketua MGMP Matematika SMK Provinsi DKi Jakarta mendapat amanah untuk menjadi panitia pelaksana bersama pengurus lainnya, Bu Ani Kristiani, pak Kasmina dan pak Gendra Priyadi.

Kali ini, Bedah SKL dilaksanakan sekaligus dengan penetapan Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2015/2016. Seperti tahun sebelumnya Kisi-kisi US dibuat bersama untuk provinsi DKI Jakarta, yang kartu soal dan soalnya dibuat oleh MGMP sekolah masing-masing atau disusun serempak dalam satu wilayah (rayon).

Bedah SKL diadakan di SMK Negeri 27 Jakarta Pusat. Sejak pukul 08.00 sebagian guru (dari 110 guru yang diundang) sudah mulai berdatangan ke ruang Aula.

Alhamdulillah, tepat pukul 09.00 acara dibuka, dengan pengarahan dari Kepala Bidang SMK Dinas Provinsi DKI Jakarta, pak Drs. Suharno, MPd dengan didampingi Kepala Seksi Kurikulum, pak Drs. Wurdono, MSi serta Kepala SMKN 27 Jakarta, Bu Sri Nuryati.

Selepas pembukaan, peserta dipisah berdasarkan kelompoiknya, yaitu Bisnis Manajemen, Teknik dan Pariwisata/Perkantoran.

Lebih dari pukul 15.30 peserta masih bergeming begitu seriusnay mencoba mem-breakdown dan membuat soal prediksi soal UN tahun 2015/2016.

Semoga hasil UN siswa SMK DKI Jakarta akan lebih baik dari tahun sebelumnya, insya Allah, aamiin…

Jan 04

Umrah Liburan Desember 2015

umrah-desember-2016

umrah-desember-2016

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang tiada terkira, saya kembali diberi kesempatan untuk pergi beribadah umrah di bulan Desember 2015 kali ini. Dengan mendampingi dan membimbing jamaah umrah sebanyak 40 orang, saya berangkat untuk program “UMRAH LIBURAN DESEMBER 2015” selama 9 hari, 21 – 29 Desember 2015.

Program dan paket yang saya buat seperti lazimnya, yaiotu program umrah 9 hari, paket Bintang *3+, dengan penerbangan direct (langsung, tanpa transit) dengan pesawat SAUDIA AIRLINE.

Akomodasi hotel selama di Tanah Suci: di Madinah “Harmony” (150m dari Masjid Nabawy) dan di Makkah “Fajar Badie 4” (400m dari Masjidil Harom).

Alhamdulillah, bervariasi peserta umrah kali ini (seperti juga tahun-tahun sebelumnya), ada pegawai Pemda DKI Jakarta, ada juga Kepala Sekolah SMK di DKI Jakarta, Kepala SD Negeri di Jombang Ciputat, mantan Kepala Sekolah dan jamaah lainnya,

Dengan segala pernak-perniknya membimbing jamaah umrah setiap tahun, alhamdulillah jamaah dapat merasakan nikmtanya beribadah di Tanah Suci selama 8 hari (di Madinah 3,5 hari dan di Makkah 4,5  hari).

Hari Senin 28 Desember 2015, sekitar pukul 19.00 WSA kami sudah harus masuk ke Bandara Internasional Jeddah untuk kembali ke tanah air setelah melakukan semua prosesi ibadah umrah.

Semoga Allah SWT menerima seluruh rangkaian ibadah umrah kami semua, dan yang lebih kami harapkan lagi justru nilai dan hikmah positif yang didapatkan sesudah pulang umrah yang akan terwujud dalam kehidupan kami, insya Allah, aamiin…

Umrah-Desember-2016

Umrah-Desember-2016

Dec 07

Manasik UMRAH

Untuk rencana keberangkatan umrah tanggal 21 Desember 2015, bersama travel umrah ELFIRDAUS BAITULLAH yang saya kelola, diadakan Manasik Umrah pada hari Ahad, 6 Desember 2015.

Alhamdulillah, 80 jamaah umrah berkumpul di Hotel SITI, Tangerang (yang lebih dikenal hotelnya ustadz Yusuf Mansur). Saya dan Tim Lintas Baitullah melayani jamaah dalam mempelajari tata cara ibadah umrah. Hal ini sangat penting dilaksanakan agar jangan sampai terjadi, jamaah tidak mengerti apa yang akan dilakukan selama beribadah umrah di Tana Suci.

Dimulai pukul 09.00 pagi, alhamdulillah penyampaian materi Manasik Umrah berjalan dengan baik, hingga praktik memakai kain ihrom dan langsung praktik thawaf dengan miniatur ka’bah yang ada di lantai paling atas hotel. Setelah shalat zhuhur dilanjutkan makan siang, alhamdulillah jamaah sudah menyelesaikan pelajaran Manasik Umrah dan kembali ke tempat kediaman masing-masing.

Semoga Allah mudahkan segala sesuatunya, terutama dalam pelaksanaan ibadah umrahnya, aamiin…

Dec 06

Doa Untuk Jamaah Umrah

Hari sabtu, 5 Desember 2015, saya diminta oleh jamaah umrah yang akan saya dampingi, untuk mengisi taushiah sekaligus doa untuk mereka.

Jamaah yang keduanya bertempat tinggal di komlek Perumahan RENI JAYA, Blok AA RW 20:

  1. Bu DEDEH KURNIASIH,
  2. Bu LILY ASMANAH.

Mereka akan berangkat umrah bersama saya, di travel ELFIRDAUS BAITULLAH yang saya kelola, yang insya Allah akan berangkat pada 21 Desember 2015.

Alhamdulillah, di pagi hari sabtu, saya hadir bersama mereka, selepas pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan, saya memulai taushiah dengan mendoakan jamaah yang akan berangkat umrah dan mengajak jamaah lain yang hadir untuk memotivasi diri dalam berupaya beribadah ke Baitullah.

Menjelang zhuhur, acara selesai dengan khidmat. Acara diakhiri dengan jamaah yang hadir menyalami dan mendoakan yang akan berangkat umrah.

Semoga Allah memberikan hanya segala kebaikan, hikmah dan manfaat umrah yang akan dilaksanakan, baik dalam perjalanan, beribadah hingga kembali ke tanah air, insya Allah, aamiin…

Nov 21

UKG (Uji Kompetensi Guru)

UKG (Uji Kompetensi Guru) secara hampir serentak dilaksanakan padatanggal 6- 27 November 2015. Ujian ini dilaksanakan berbasis komputer (UBK) atau CBT (Computer Based Test). Diselenggarakan di beberapa sentra sekolah yang memiliki kualitas jaringn komputer memadai.

UKG ini belakangan menjadi perbincangan baik di kalangan insan pendidikan maupun di luar kalangan, bahkan menjadi lebih heboh ketika tersebar isu-isu yang mengiringinya. Isu, bahwa hasil UKG akan menentukan kelanjutan tunjangan profesi guru (sertifikasi), jika hasilnya memadai dan memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), maka guru masih akan mendapatkan tunjangan profesi, begitu sebaliknya. Bahkan adanya isu, bahwa jika guru mendapatkan hasil rendah akan diberhentikan sebagai guru, dan isu-isu lainnya.

Terlepas dari berbagai sudut pandang, saya sebagai guru, tetap melihat sisi positif UKG ini (meskipun memiliki sudut pandang yang berbeda). Bersikap positif thinking adalah cara yang paling baik dalam menghadapi masalah, karena setidaknya, jika berpikir positif, kita akan sejenak berfikir, merenung dan tidak spontan, ceroboh dalam memberikan respon.

Saya pun, akhirnya mengikuti UKG pada hari Rabu, 18 November 2015 untuk Guru Matematika SMK. Alhamdulillah, saya mendapat tempat ujian di SMK Negeri 6 Jakarta (bilangan Blok M, Jakarta Selatan). Sesi ujian ada tiga, yakni Sesi I (pukul 07.30-10.00), Sesi II (pukul 10.30-13.00) dan Sesi III (pukul 13.30-16.00). Saya mendapat giliran sesi ke-2.

Secara umum, menurut saya, soal-soal yang dibuat berkualitas baik, untuk soal paedagogik maupun soal profesional. Semua soal paedagogik bukan soal teori “mentah” yang bersifat hafalan semata, akan tetapi soal yang terintegrasi langsung dalam pembelajaran sesuai bidang masing-masing, sehingga membutuhkan pemahaman.

Soal profesional, setidaknya pelajaran matematika SMK yang saya ikuti, juga menuntut pemahaman yang baik dan memadai. Hampir semua soal membutuhkan setidaknya dua tahapan pengerjaan.

Alhamdulillah, menjelang pukul 13.00 saya sudah selesai mengikuti tes. Saya beranjak pergi meninggalkan SMK Negeri 6 Jakarta Selatan dengan setumpuk renungan tentang hasil dan cermin kualitas diri sebagai guru matematika SMK. Ternyata, saya masih harus meningkatkan pemahaman saya tentang paedagogik dan kemampuan profesional saya sebagai guru matematika SMK.

Saya pribadi, akan terus berbenah terhadap kompetensi diri sebagai guru dengan melihat cerminan hasil UKG saya sendiri, meskipun saya sangat paham, bahwa kualitas dan kompetensi guru tidak bisa diukur hanya dari hasil UKG yang teoritis dan lebih dominan bernuansa kognitif, akan tetapi dari semua aspek, baik paedagogik yang nyata di kelas/ sekolah, juga sikap sosial dan kepribadian integral sebagai seorang guru.

Terlepas dari diskursus tentang tepat tidaknya UKG untuk mengukur kompetensi guru, tapi toh semuanya sedang berjalan dan akan segera berakhir di tahun 2015 ini. Hasilnya seperti apa, lalu pemerintah akan melakukan apa terhadap hasil UKG? waktu yang akan menjawabnya dan semoga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik, aamiin…

 

Nov 01

Shalat Istisqa’

Kemarau yang sudah berlangsung cukup lama di Indonesia, setidaknya yang dirasakan di wilayah Pamulang, Tangerang Selatan dan wilayah Bojongsari, Depok, akhirnya membuat kaum Muslimin menyadari bahwa tiada daya dan kekuatan kecuali Allah dan atas idzin Allah SWT.

Banyak yang akhirnya menyadari dan menginsyafi dirinya yang ‘menjauh’ dari Allah, bahkan maksiat dan pelanggaran terhadap syariat Allah, bukan semata-mata karena sedang musim kemarau.

akhirnya, di beberapa tempat diselenggarakan Shalat Istisqa atau Shalat memohon karunia Allah berupa hujan. Ada yang sepertinya langsung dikabulkan Allah, seperti di wilayah Bogor hari jumat yang  lalu, tidak lama sesudah shalat istisqa digelar di bebetapa tempat, tak lama hujan turun dengan derasnya, bahkan hingga beberapa pohon tumbang.

Kali ini, Ahad 01 November 2015, giliran kaum Muslim di wilayah Pamulang.  dan Bojongsari. Di beberapa masjid diadakan shalat Istisqa. Saya berkesempatan shalat Istisqa di Masjid Al-Muhajirin, Vila Pamulang, Pondok Petir, Bojongsari.

Ya Allah, kalaulah kami belum pantas diturunkan rahmat hujan dariMu, izinkan kami amemohon melalui hamba2Mu yg Shalih.

turunkan hujan untuk kami, hujan yang lebat, yang memberi manfaat, tidak membawa keburukan atau musibah, hujan yang segera, tidak ditunda, hujan yang menjadikan kami bersyukur dan semakin tunduk patuh kehadiratMu, aamiin

Oct 23

Suntik Meningitis untuk Umrah 2015

antri_suntik_meningitis_20151023

antri suntik meningitis

Alhamdulillah…pagi ini, jumat 23 oktober 2015, saya berkesempatan suntik meningitis di Klinik Bandara Soekarno-Hatta, bersama dengan jamaah yang akan saya dampingi untuk umrah Desember 2015.

Saya berangkat selepas Subuh dan sampai di klinik Bandara pukul 07.00, mendapat nomor antrian 33, bisa dibayangkan jika sampai disana lebih siang, padahal jumlah pasien suntik dibatasi hanya 220 orang.

Terjadinya antrian cukup banyak ini, bisa jadi dikarenakan, Rumah Sakit yang sebelumnya memberikan pelayanan suntik meningitis, kini sudah tidak lagi, seperti: Rumah Sakit Fatmawati, Jakata Selatan dan Rumah Sakit Bhakti Asih, Ciledug, Tangerang.

Pelayanan pasien sudah dimulai sebelum pukul 08.00, diawali dg mengisi formulir dan melampirkan fotokopi paspor dan selembar pasfoto berwarna ukuran 4x6cm.

Pada pukul 08.00, pasien dipanggil berdasarkan nomor urut, terlebih dahulu untuk pemeriksaan awal: cek tensi darah dan konsultasi dokter tentang jenis suntik vaksin yang akan dilakukan. Untuk beberapa kasus, Dokter menyarankan untuk suntik vaksin tambahan, selain Meningitis, seperti vaksin influenza, yellow fever, mers dan lain-lain.

Biaya yang dikeluarkan, jika hanya suntik meningitis saja, cukup Rp305.000,- tetapi jika ada tambahan lain, tentu lebih dari itu.

Tidak lama sesudah pemeriksaan awal, pasien menunggu sebentar untuk dipanggil ke ruang suntik meningitis, itupun tidak lama, kurang dari 15 menit, suntik dan Kartu Suntik (Kartu Kuning) sudah bisa selesai dan kita terima.

Alhamdulillah, sekitar pukul 09.30 saya dan jamaah sudah selesai dan kembali pulang.

Semoga Allah mudahkan segala sesuatunya untuk berumrah dan diberi kekuatan, kesehatan, kebaikan dalam membimbing jamaah umrah kali ini, insya Allah, aamiin…

Oct 15

Sambut Tahun Baru 1 Muharram 1437H Bersama Yatim-Dhuafa

Hari ini, Rabu 14 Oktober 2015, bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1437H, saya sebagai pengelola Rumah Yatim-Dhuafa (RAYDHA) AULIA menyambutnya dengan berbagai kegiatan Lomba bagi Yatim-Dhuafa: Tahfizh Quran, Story-telling dan Pidato.

Acara ditambah meriah karena ada keluarga (AMIN SUTRISNO- ENDANG SULISTYOWATI) yang sengaja mensupport anak-anak yatim-dhuafa dengan berbagi atas rasa syukurnya meng-aqiqah-kan putrinya: AMALIA IMAN PRAMUDHITA.

Alhamdulillah, semoga menjadi rahmat, berkah dan putri yg dilahirkannya menjadi anak yg sholihah, aamiin…

Dan… doa kami setiap waktu bagi Yatim-Dhuafa, semoga menjadi anak-anak yang Sholih/Sholihah dan Mandiri, tidak menjadi beban bagi orang lain, tidak menjadi “Tangan Di Bawah” dan tidak menjadi penyumbang keburukan bagi negeri dan bangsa ini, aamiin…

Lomba:

Lomba

Santunan: 

Santunan

———

Silahkan kunjungi Web Rumah Yatim-Dhuafa (RAYDHA) AULIA:

==>  http://raydha.elfirdaus.net

Oct 12

Pelatihan Kurikulum 2013 di SMAN Ragunan

Meskipun sudah pernah beberapa kali mengikuti pelatihan kurikulum 2013, kali ini saya kembali ditugaskan untuk mengikuti pelatihan di SMA Negeri (Olah Raga) Ragunan, yang berlangsung 10 hari: 12-24 Oktober 2015.

Dengan dipandu para Widya Iswara dari LPMP Jakarta, kami mendapat pencerahan dan pembinaan tentang implementasi Kurikulum 2013, yang konon digadang akan menjadi “Kurikulum Nasional”.

Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00 setiap harinya. Selepas istirahat siang, ISOMA (Istirahat, Sholat, Makan), kami harus bekerja kelompok untuk menyusun berbagai perangkat yang diimplementasikan dalam Kurikulum 2013.

Semoga saja menjadi langkah yang lebih baik bagi kurikulum negeri ini, yang entah akan menjadi seperti apa di masa yang akana datang…

Oct 12

Pertemuan Alumni Haji 2011

Alhamdulillah, Alumni Haji tahun 2011 masih begitu aktif dan solid dalam silaturrahim dan ukhuwwah. masih secara rutin mengadakan pertemuan dua bulanan, berpindah-pindah ke rumah masing-masing jamaah. Dan, pertemuan kali ini, Ahad, 11 Oktober 2015, bertempat di kediaman saya sendiri.

Jamaah yang hadir masih cukup stabil, lebih dari 60% sejak awal pertemuan dialkukan, alhamdulillah…

Seperti biasa, pertemuan dilakukan dengan tadarrus Al-Quran bersama, Taushiah dari salah seorang diantara kami, pengumuman dan persetujuan tempat pertemuan berikutnya dan diakhiri dengan doa bersama.

Semoga silaturrahim dapat berlanjut dan memberi banyak manfaat dan berkah, aamiin…

Older posts «